tugas

Ber-eksperimen dengan Steganografi

Sebelum saya bercerita panjang lebar tentang eksperimen saya kali ini, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai “Apa itu Steganografi?” dan mengapa tiba-tiba saya melakukan iseng-iseng tapi sebenarnya bukan keisengan ini.

Menurut situs Wikipedia,

Steganography is the art and science of writing hidden messages in such a way that no one, apart from the sender and intended recipient, suspects the existence of the message, a form of security through obscurity.

Jadi intinya, Steganografi ini adalah sebuah “seni” pesan terselubung (tersembunyi). Dan ekperimen steganografi kali ini adalah bagian dari tugas mata kuliah II3062-Keamanan Informasi. Pada tugas kali ini, pesan yang harus disembunyikan adalah: “Demo ke rektorat Senin pagi.”

Semakin canggih teknologi, semakin banyak pula tools untuk meng-aplikasikan Steganografi ini. Karena laptop saya menggunakan Mac OS, saya hanya mencoba tools yang compatible dengan Mac OS. Untuk lebih mengetahui beberapa tools yang compatible dengan OS yang Anda miliki, monggo bertanya pada Mbah Google😀

Tools yang saya coba adalah “Pict Encrypt”, saya memperoleh info mengenai tools tersebut dari link ini. Langkah-langkah menyembunyikan pesan tersebut adalah:

1. Ketika pertama membuka aplikasi tersebut, Anda akan menemukan window berikut. Pilih mode “Encrypt” untuk menyembunyikan pesan Anda.

 

Mulai menyembunyikan pesan (Enkripsi)

2. Pilih image dimana Anda akan menyembunyikan pesan tersebut.

Pilih Image tujuan

3. Menuliskan pesan yang akan disembunyikan dan kata kunci untuk enkripsi pesan.

Pesan

Kata kunci

4. Dan simpanlah gambar hasil “sembunyi”-nya pesan tersebut di direktori yang Anda inginkan. Inilah gambar hasil steganografi tersebut.

Hasil Steganografi dengan Pict Encrypt

Bagaimana menurut Anda? Adakah perbedaan kedua gambar tersebut? Dapatkah Anda membaca pesan yang dimaksud?

Kemudiaaan..

Ada cara kedua yang saya lakukan, yaitu menyembunyikan pesan rahasia saya pada gambar di bawah ini:

One thought on “Ber-eksperimen dengan Steganografi

Leave a Reply

