Food / hedon augh / In Spare Time / Indonesian Cuisine / Review(s)

Kuliner Bandung: Nostalgia di Sumber Hidangan, Braga

Sumber Hidangan, Braga

Seorang teman memberitahu saya mengenai rumah makan yang menjual es krim jadoel di Bandung. Karena saya pecinta es krim jadoel Ragusa yang berada di Jakarta, rasa penasaran saya akan es krim jadoel Bandung ini pun timbul. Unfortunately, temen saya ini lupa dimana tepatnya rumah makan tersebut. Yang jelas lokasinya di Jalan Braga. In the meantime, momen yang pas adalah saat adek saya (Ira) berkunjung ke Bandung karena Ira ini pecinta es krim dan makanan manis lainnya. Saya pun mengajak Ira untuk berburu es krim jadoel tersebut dengan sebelumnya saya bertanya ke akun @Kuliner_Bandung dimana tepatnya lokasi rumah makan tsbut. Dan dijawablah, “Sumber Hidangan, Braga.”

Menggunakan kata “nostalgia” untuk judul post review kuliner kali ini menurut saya tepat. Itulah kesan yang saya peroleh ketika pertama kali memasuki Sumber Hidangan. Semuanya jadoel, semuanya nostalgia Bandung jaman doeloe. Desain bangunan khas art deco di Braga, interior yang masih dijaga keasliannya (baca: kejadoelannya), pilihan menu makanannya (semua nama roti menggunakan nama Belanda), hingga waiter/waitress-nya yang mayoritas sudah kakek-nenek. Tak lupa, menu yang masih di-print di kertas & disampul plastik.

Pilihan es krim saya jatuh ke suatu es krim yang saya lupa namanya, yang jelas terdiri dari 1 scoop es krim vanilla & 1 scoop es krim strawberry. Sementara Ira memesan Tutti Frutti (2 scoop es krim vanilla dengan topping buah2-an). Jilatan pertama pada sendok saya terasa begitu…NIKMAT! Oke, selera dan rasa itu persepsi masing-masing orang yes. Buat saya yang ga suka makanan manis (I adore dark chocolate but do not ever give me any chocolate coz maybe I will only eat a bite of it), es krim ini.. terasa sangat nikmat di indra perasa saya. Rasanya yang tidak terlalu manis, es krim yang lembut (agak cepat mencair), & agak terasa garam di es krimnya membuat saya nagih. Buktinya, hari ini (3 hari setelah kesana dengan Ira) saya ke Sumber Hidangan lagi dengan teman saya, Bilqis.

(Ki-Ka): Es Krim Pesanan Saya & Tutti Frutti

Toko Kue

Bau roti yang menggoda pun membuat Ira tak bisa menahan diri untuk tidak mencoba roti. Awalnya saya ikutan memilih roti, namun saya menyerah karena nama2 Belanda yang nggak familiar meskipun banyak roti dengan penampilan menarik memikat hati saya. Saya pun percaya dengan pilihan Ira yang pada akhirnya memilih roti soes (saya & Ira lupa nama Belanda-nya). Roti soes dengan harga IDR 6k ini lumayan mengobati rasa kangen saya dengan soes vanilla  Beard Papa. Bahkan Ira beranggapan bahwa soes tersebut sama enaknya dengan soes vanilla Beard Papa. Apalagi harganya setengah harga Beard Papa, ukurannya juga setengahnya sih hahaha.

Soes

Kasir

Suasana jadoel di Sumber Hidangan membuat saya & Ira betah nongkrong lama2. Meskipun kata Bilqis lumayan berdebu (efek menjiwai bangunan tua, maybe? :p) Dari jendela Sumber Hidangan, kami disajikan pemandangan lalu lalang kendaraan & orang2 lewat di jalanan Braga. Apalagi jika datangnya siang2, angin sepoi2 ikut menyelinap masuk ke ruangan makan. Saya & Ira tidak memesan menu makanan berat karena terdapat beberapa menu dengan pork.

Asyik untuk Nongkrong Santai

In short, saya memberi tempat makan Sumber Hidangan dengan sajian es krim & kue-kuenya ini 4 out of 5 stars😉 Braga memang tempat paling cocok untuk  bernostalgia suasana Bandung kala doeloe, plus ditemani manisnya es krim di tengah panasnya Bandung kala siang & angin sepoi2.

Xx,

(All photos are taken by me. Credit is required if you’re going to use those in yours. Thank you.)

Alamat: Jl. Braga No. 20-22 Braga

PS. Artikel ini juga dimuat di situs Kuliner Bandung di sini.

4 thoughts on “Kuliner Bandung: Nostalgia di Sumber Hidangan, Braga

Leave a Reply

