Beasiswa / erasmus mundus

Erasmus Mundus Alumni Day 3

Taken from Erasmus Mundus Indonesia’s fb page

Apa itu Erasmus Mundus Alumni Day? 

Kalo kata Mbak Novi, alumni Erasmus Mundus 2008, EMA Day itu acara kopdar (kopi darat) para alumni beasiswa Erasmus Mundus. Untuk EMA Day #3 di Indonesia kali ini, konsepnya menjadi acara sharing mengenai beasiswa Erasmus Mundus dari alumni Indonesia kepada khalayak umum yang tentu saja ingin tahu & tertarik dengan beasiswa bergengsi dari Uni Eropa ini. Acara EMA Day 3 Jakarta bertempat di Kedai Tjikini, Jalan Cikini 17 Jakarta. Undangan terbatas untuk 45 pendaftar pertama (yang kata Tante Ani- Destriani Nugroho, 10 pendaftar di luar 45 pendaftar pertama juga diperkenankan untuk hadir.)

Saya yang masih calon alumni ini (insya Allah berangkat ke Portugal tanggal 5 September 2012) ikut ngariung untuk sharing mengenai beasiswa Erasmus Mundus Action 2. Dari kakak2 alumni, ada Mas Rahmad (yang baru pulang dari yurop), Mbak Siti (alumni EM 2008), Mbak Rini (alumni EM 2005 & sekarang bekerja di UK), & Mas Yansen. Tak lupa, teman sesama calon awardee EM 2012 yang insya Allah September ini juga berangkat ke yurop, Mbak Mita (EM Action 1 IT4BI – Information Technology for Business Intelligence). Meskipun Jakarta diguyur hujan ekstra deras, para undangan sudah memadati Kedai Tjikini bahkan sebelum jam 13.00 WIB acara dimulai🙂 Pukul 13.00 WIB, acara dibuka oleh Tante Ani sebagai perwakilan Uni Eropa di Indonesia.

Erasmus Mundus

Presentasi mengenai apa itu beasiswa Erasmus Mundus, bagaimana cara apply-nya, apa saja syarat2-nya, beasiswa Erasmus Mundus Action 1 dll dibawakan oleh Mbak Novi. Kemudian ditambahkan oleh Tante Ani & saya mengenai informasi beasiswa Erasmus Mundus Action 2.

Apa bedanya Action 1 dan Action 2?

Beasiswa EM itu terdiri dari Action 1 dan Action 2. Kalau Action 1, kita memilih dulu program yang diinginkan. Masing-masing program udah ada kampus2-nya apa aja. Dalam 2 tahun, minimal kita kuliah di 3 kampus di negara berbeda. U/ list programnya apa aja bisa di cek di sini.

Sebelum mendaftar EM Action 2, pastikan kita tahu terlebih dahulu kita termasuk di Target Group berapa karena ada beberapa Target Group dalam EM Action 2 ini. Target Group 1 (TG1) ditujukan untuk kampus yang termasuk dalam partnership universities. Contoh: U/ anak-anak ITB, programnya bernama Erasmus Mundus LOTUS. Jadi dari Indonesia yang termasuk di TG1 hanya anak ITB & UGM. Target Group 2 (TG2) ditujukan untuk khalayak umum dari semua universitas yang bukan universitas partnership di TG1. Selain itu, terdapat juga Target Group 3 (TG3) untuk pendaftar dengan keadaan khusus. Misalnya berasal dari daerah yang terkena bencana alam, poverty, dll dan harus menyertakan bukti “keadaan” tersebut. Beda dengan Action 1 yang kuliah di minimal 3 kampus di 3 negara Uni Eropa selama 2 tahun program Master, disini kita hanya berkuliah di satu kampus di 1 negara selama 2 tahun tersebut (jadi ga pindah2). Kampus yang bisa dipilih hanya kampus2 Uni Eropa yang ada di list partnership aja. In addition, programnya bebas asal masih di kampus2 itu plus, kita familiar sama teaching language-nya serta apakah program Master yang kita inginkan itu masih dibuka atau enggak. Besarnya jumlah beasiswa yang diperoleh sama, baik untuk Action 1 atau 2.

Info lebih lanjut bisa mengunjungi blog Emundus Indonesia di sini.

Pertanyaan2

Setelah sesi presentasi, so pasti ada sesi tanya jawab. Langsung saja, berikut adalah beberapa pertanyaan & jawaban2 yang masih saya ingat.

  1. Saya tahun lalu meminta surat rekomendasi dari rektor saya, jika saya gunakan untuk apply EM tahun ini masih bisa/tidak? Bisa, asalkan surat rekomendasi tersebut masih berisikan rekomendasi untuk Anda mengambil kuliah di bidang tersebut. Surat rekomendasi yang baik adalah yang merekomendasikan Anda secara spesifik bhwa Anda memang direkomendasikan u/ S2 di bidang yang ingin Anda daftar. Jadi tidak general. Gelar pemberi rekomendasi tidak terlalu penting, yang penting pemberi rekomendasi kenal baik & tahu pasti mengenai Anda.
  2. Apa menurut Anda yang sudah diterima, yang membuat pemberi beasiswa tertarik pada aplikasi Anda? Jawaban menarik dari Mbak Rini: coba Anda posisikan diri Anda di posisi pemberi beasiswa/tim penyeleksi. Bayangkan saja Anda sebagai tim penyeleksi yang dalam 1 hari mungkin bisa membaca puluhan hingga ratusan aplikasi.
  3. Dokumen aplikasi apa yang paling berpengaruh atau “menjual” dalam seleksi beasiswa? Hampir semua alumni & calon awardees menjawab: motivation letter!
  4. Saya lulusan D4 dan sekarang di Indonesia, D4 disetarakan dengan S1. Apakah saya bisa mendaftar EM untuk program S2? Jawaban diberikan oleh Mbak Rini dari pengalaman Mbak Rini: D3, kuliah S1 sambil kerja, mendaftar EM di tengah masa kuliah (belum lulus namun dapat meyakinkan pemberi rekomendasi bahwa Mbak Rini sudah lulus pada saat kuliah S2 dimulai) & as a result, Mbak Rini mendapat beasiswa EM tahun 2005 di program MESPOM.

Baru itu saja pertanyaan yang saya ingat, padahal sebenarnya banyak banget yang nanya waktu itu😄 Nanti akan saya update lagi, yes😉

Photo is taken from Erasmus Mundus Indonesia’s fb page

Acara EMA Day #3 ini seru banget. Banyak banget manfaatnya. Untuk saya, tentu saja selain menambah teman baru, saya juga dapat mendengar cerita2 dari kakak2 alumni yang sudah melanglang buana di yurop sana. Bagaimana kuliah disana, pergaulan disana, hingga kakak alumni yang jatuh cinta banget sama negara tempat dia S2 di yurop. Untuk para pencari beasiswa, so pasti membuat makin semangat. Informasi pun bertambah. Dulu saya juga sering dateng presentasi EM di edufair yang di Bandung. Buat saya dulu, ini makin memompa semangat saya! Semoga yang datang kemarin di Kedai Tjikini juga makin bersemangat, yes.

Xx,

6 thoughts on “Erasmus Mundus Alumni Day 3

  1. ada satu alumnus EM yang lupa disebut… hehehehe… yang jarang ngejawab pertanyaan, dan telat diperkenalkan di awal acara… sayangnya sy juga lupa namanya karena mic yang bermasalah…🙂

    anyway, sukses ya mbak di yurop… semoga sy bisa menyusul kesana, maybe next year… Amien!

    P.S. hayo tebak, saya yang mana di foto itu? hehehe…😀

    • Ohya? Terima kasih koreksinya, ya🙂 Sepertinya lupa menuliskan Kak Yansen.

      Amin. Terima kasih ya, Win. Good luck for your application. Ayo buat panitia seleksi-nya terpana.

      Haduu, maaf banget aku ga inget >.< kmrn yg datang banyak. Nnti next time klo ketemu, sapa2 aja yaa. Sekalian mengingat2😉

      • Amien… sama2 mbak… semoga sy bisa membuat diri sy terpana dgn menginjakkan kaki di yurop…🙂

        yang kemarin itu yang lupa disebut yang alumnus perempuan mbak, ketiga dari kiri, deretan tante Ani, yang pake baju abu2 kecoklatan yang lagi agak nunduk… hehehe… jarang ngomong juga.

        Mas Yansen kan gak dateng mbak…😀

  2. Pingback: My Week with Mundusians: Erasmus Mundus Pre-Departure Events 2012 | (lagi-lagi) kisah DUDUL seorang bhella bhello

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s