Holiday / Indonesian Cuisine / kuliner / masa muda / partner (s) in crime / Review(s)

Kuliner Jogja: Je Je Je Jejamuran!

Jejamuran

Yuhuu! Liburan long weekend bulan lalu, saya dan teman2 saya menghabiskannya untuk wisata ke Jogjes. Dengan modal nekat menyetir mobil dari Solo padahal kami berlima buta peta Jogja ditambah rekomendasi seorang teman, “ke Jogja harus ke Jejamuran.”, alhamdulillah kami berhasil menemukan lokasi rumah makan Jejamuran ini.

Ditebak dari namanya, sudah ketahuan banget bahwa rumah makan ini menjual berbagai macam masakan olahan jamur. Lokasi rumah makan berada di daerah Sleman (Sleman ini udah pinggiran Jogja, lho) yang ternyata memang merupakan daerah budi daya jamur. Jadi Anda akan banyak menemukan rumah makan jamur serupa di sepanjang jalan. Untuk yang pertama kali ingin menuju Jejamuran dari tengah kota Jogja, silahkan Anda cari Jalan Raya Magelang. Setelah itu Anda tinggal mengemudikan kendaraan Anda luruuuuuuuuuus terus sampai frustasi hingga menemukan papan berwarna merah & “agak” besar bertuliskan Jejamuran. Lalu beloklah Anda ke kanan. Soal lurus terus sampai frustasi, itu beneran. Soalnya saya & teman2 saya bahkan sudah merasa kami nyasar hingga ke Borobudur (Magelang).

Wis Tekan neng Jejamuran (Sudah Sampai di Jejamuran)

Karena sebelumnya kami sudah makan di Gudeg Artis (Gudeg H. Ahmad, samping UGM), kali ini kami memesan banyak porsi untuk dimakan bareng2. Harga varian menu sekitar 10ribuan. Anda akan dapat menemukan menu2 aneh yang sebelumnya tidak dimasak dengan bahan utama jamur, misalnya sate jamur, rendang jamur, dsb. Selain itu, rumah makan ini bersih dan rapi bangeeet. Bahkan toiletnya pun wangi & tersedia tissue (ini penting banget menurut saya). Selama Anda menunggu pesanan Anda datang, Anda dapat melihat2 berbagai jamur yang dikembangbiakkan. Masing-masing display jamur juga disertai dengan keterangan mengenai nama si jamur (hingga nama dengan bahasa2 biologi yang saya bahkan nggat inget sama sekali), manfaat dari si jamur, hingga jamur tersebut dimasak dalam menu apa saja. Sungguh display yang menarik untuk mengenalkan jamur lebih lanjut ke khalayak umum. Unfortunately, saya lupa nama jamur2 yang saya foto2. hiks.

Jamur #1

Jamur #2

Jamur #3

Jamur #4

… dan masih banyak jamur2 lainnya.

Selain display jamur2, Anda juga dapat melihat wall of fame dari si Jejamuran ini. Ternyata, rumah makan ini telah banyak mendapatkan penghargaan lho. Terutama atas prestasi “membawa” jamur ke level lebih tinggi lagi (maksudnya bikin jamur jadi makin tenar.)

Wall of Fame

Tampak Dalam Jejamuran

Setelah pramusaji membawakan semua pesanan kami, mata kami dan iler2 ini langsung tumpah ruah. Semuanya menggiurkan! Langsung saja tanpa ba-bi-bu, kami menyerbu menu2 pesanan jamur. Favorit saya adalah si jamur bulet (Portobello) berbumbu tepung. Selain itu, sate jamur juga nggak kalah enak. Saya kurang suka dengan rendang jamur karena menurut saya entah kenapa enggak pas perpaduan bumbu & jamurnya, tapi temen saya suka. Selera sih yes.

Pesanan Kami

Favoritooo! Portobello Goreng Tepung

Jamur Saos Padang

Rendang Jamur

Jamur Tepung

Alhamdulillah perut kenyang kantong pun aman. Untuk menu2 diatas, kami hanya perlu patungan IDR 10k per orang. Muraaaaaahhh! Buat yang mau liburan ke Jogjes, selamat mencobanya yes😉

Com os melhores cumprimentos,

(Photos were taken by me. Credit is required if you are going to use those in yours. Thank you.)

Basic Information

Name: Jejamuran

Address: Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, 55512

Menu: mushroom variants

Price Range: good for your wallet’s health

Rating: 4 out of 5 stars

8 thoughts on “Kuliner Jogja: Je Je Je Jejamuran!

  1. Enak nih keliatannya, harganya jg standar lah, olahan jamurnya jg banyak (y)
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. http://www.bumentik.blogspot.com

    Terimakasih..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s