Beasiswa / erasmus mundus

My Week with Mundusians: Erasmus Mundus Pre-Departure Events 2012

Taken from Erasmus Mundus Indonesia’s Facebook

Hwallowww! “Libur” seminggu saya di Jakarta membuat saya libur nge-blog dan berimbas saya berhutang postingan. Saya menghabiskan seminggu saya di Jakarta dengan dua tujuan: mengurus aplikasi visa dan mengikuti rangkaian acara pre-departure Erasmus Mundus. Rangkaian acara pre-departure Erasmus Mundus terdiri dari dua agenda yaitu Award Ceremony pada hari Rabu, 4 Juli 2012, yang bertempat di Grand Indonesia Kempinski dan Pre-Departure Briefing pada hari Sabtu, 7 Juli 2012, yang bertempat di Park Lane Hotel. Acara di hari Rabu lebih berkesan formal karena dress code-nya adalah baju batik dengan bawahan bebas. Sementara untuk hari Sabtu, para awardees memperoleh kaos polo Erasmus Mundus (plus jilbab putih untuk yang berjilbab).

PS. Buat yang belum tahu apa itu Erasmus Mundus (EM), singkatnya EM ini adalah full scholarship yang didanai oleh Uni Eropa dan tanpa ikatan apapun karena dasarnya pendanaan ini hibah. (Info lebih lanjut silahkan ke sini atau sini atau sini yes.)

Erasmus Mundus Award Ceremony 2012

Mencari lokasi Grand Indonesia Kempinski tidak sulit karena tentu saja GI yang terletak di dekat bunderan HI sangat terkenal meskipun untuk wong Solo macem saya. Acara pagi diawali dengan minum teh atau kopi sambil berkenalan dan mengobrol santai dengan para awardees lainnya, sebelum nantinya masuk ke sebuah ruangan super besar. I was so excited karena tentu saja, menambah kenalan baru means menambah teman. Perkenalan diawali dengan saling bertanya nama, asal kampus S1 yang entah mengapa selalu nyambung ke, “eh elo temennya si A dong?” “Ya ampun, ternyata elo teman SMP-nya si B” dll. Okesip, dunia ini sekecil daun kelor, bray!

Taken from Erasmus Mundus Indonesia’s Facebook

Acara bincang2 pagi harus terhenti dahulu karena acara di ruang besar sudah akan dimulai. Konsep duduknya seperti acara seminar karena kursi & meja yang diatur membentuk letter U. Acara dimulai dengan pidato sambutan oleh HE Mr. Julian Wilson (Ambassador / Head of Delegation – Delegation of The  European Union to Indonesia, Brunei Darussalam and ASEAN), Ibu Dewi M. Kusumaastuti sebagai perwakilan dari Kementrian Luar Negeri, dan Randy (perwakilan EM Awardees 2012). Kemudian, serah terima souvenir kepada Ibu Dewi oleh Mr. Julian Wilson & Randy yang langsung dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat EM kepada satu-persatu Indonesian awardees 2012. Dan acara terakhir, foto-fotoooooooo. Karena banyaknya media yang meliput acara award ceremony ini, yang diatas panggung berasa jadi selebriti deh😄

Mine🙂

Totally felt like a celebrity

Bernarsis2 (kembali) di atas Panggung

Setelah acara ditutup secara resmi oleh MC, barulah seluruh awardees dan tamu2 undangan ke luar menuju ke meja2 buffet untuk lunch. Disini saya kembali berkenalan & ngobrol dengan teman2 awardees lainnya. Obrolan mulai dari program S2 masing2 hingga diskonan mega dahsyat di Eropa nantinya. Sementara itu, menu lunch favorit saya kali ini adalah something creamy yang “isi”-nya boros banget soalnya ada cumi, udang gemuk2, ikan (entah ikan apa), dan jamur. Ini hasil rekomendasi Mbak Rosita, sang MC acara yang ternyata setelah berbincang2 dengan beliau saya tahu bahwa beliau adalah anchor-nya TVRI sejak 19 tahun lalu. wow! Sebagai hidangan penutup, saya memilih green tea cheese cake sebagai favorit saya (Teteupp, kuliner #1 di hati :p). Setelah puas ngobrol dan makan, beberapa awardees (termasuk saya) kembali lagi masuk ke ruang besar untuk berfoto di atas panggung dengan Mr. Julian Wilson \(^o^)/

—————-

Oh iya, setahun lalu ketika saya masih belum berstatus awardee, Tante Ani–Destriani Nugroho— pernah salah men-tag nama saya di salah satu foto EM awardee 2011 yang berfoto di depan bendera negara2 Uni Eropa ketika award ceremony EM. Alhamdulillah, kali ini saya beneran foto di depan bendera2 itu. Beneran, cyiin, beneran. Alhamdulillah🙂🙂🙂

Di depan bendera2 Uni Eropa

Saya (edited using Pixlr-o-matic)

Erasmus Mundus Pre-Departure Briefing

Untuk agenda kedua dari rangkaian acara pre-departure EM ini, lokasinya tidak lagi di Kempinski tapi di Park Lane Hotel, Casablanca. Saya dan @yosay_aulia berangkat dengan diantar papanya Yosay dan bermodalkan google map. But, google map was so cray cray!!! Kami beneran sampai ke TKP dengan petunjuk Google Map, tapiii…. lewat pintu belakang hotel-nya, masuk ke kampung2 super kecil yang ga friendly buat mobil, dan nyungsek ke gang buntu. Walhasil, kami telat.

Agenda kali ini lebih banyak melibatkan interaksi antara awardees 2012 dengan kakak2 alumni EM. Kakak2 alumni EM sharing mengenai beberapa hal penting seperti EMA (Erasmus Mundus Association), apa yang harus disiapkan sebelum berangkat (terutama masalah visa & barang2 apa saja yang sebaiknya dibawa), apa yang harus dilakukan after arrival, dan bagaimana perilaku DOs & DONTs nantinya di yurop karena tentu saja selain sekolah, kami2 ini juga merupakan duta Indonesia di kancah per-yurop-an *bahasa lebay*. Jadi nggak boleh bikin malu dooongs yes.

Kakak2 Alumni EM (Taken from Erasmus Mundus Indonesia’s Facebook)

Setelah coffee break pertama, para awardees dikumpulkan untuk duduk sesuai dengan negara tujuannya. Karena negara tujuan saya ke Portugal, saya duduk bersama teman2 yang akan ke Portugal dan Spanyol. Ternyata, yang tahun ini akan berangkat ke Portugal banyak lhooooo. Asyik! Kemudian, siang harinya ada break makan siang + solat dhuhur. Alhamdulillah, buffet dan kami bisa duduk dimana saja agar lebih mengenal teman sesama awardees serta kakak2 alumni EM yang ramah2😉 Waktu lunch, saya agak nomaden duduk dimana2  :p dan mengambil beberapa foto.

Seru sekali rangkaian acara pre-departure EM tahun ini. Sayang sekali saya tidak dapat mengikuti hingga akhir untuk agenda kedua-nya karena ada halangan mendadak. Sampai jumpa di yurop nanti, teman2. Have a safe flight and breathtaking journey ahead!

Com os melhores cumprimentos,

Acknowledgement

  • Tante Destriani Nugroho dan seluruh tim dari Delegasi Uni Eropa atas acara pre-departure yang membuat saya jadi tidak blank bagaimana persiapan ke yurop dan menambah banyak teman.
  • Kakak2 Alumni EM & EM 2011 atas sharing2 dan keramahannya menyambut kami2 ini
  • Yosi Ayu Aulia & keluarga yang mau menerima saya jadi anak angkat selama seminggu
  • Mas reporter Antara News yang mau2-nya saya “todong” kamera buat motoin para awardees di atas panggung. Super thankies, mas!😉
  • Tesa Fiona Kaban atas saran super kreatifnya untuk menemukan sebuah nama, hahaha!
  • Dan semuanya…. O B R I G A D O! (Portuguese— Terima Kasih)

Berita resmi mengenai acara dapat dibaca di sini, sini, atau sini.

5 thoughts on “My Week with Mundusians: Erasmus Mundus Pre-Departure Events 2012

  1. Pingback: The Video: Erasmus Mundus 2012 Award Ceremony & Pre-Departure Briefing | (lagi-lagi) kisah DUDUL seorang bhella bhello

Leave a Reply

