hedon augh / kisah dudul / masa muda / Photography / Porto

Força Portugal! Portugal VS the Northern Ireland Match

The Ticket

Yesterday night was awesome! Finally, for the first time in my life, I watched a football match live at the stadium!!! LIVE! Well, I’m so sorry if I flood your twitter timeline about this match these past days because of my excitement. But I was really really excited! Ecstatically excited \(^o^)/

Semua ini berawal dari pertemuan secara tidak sengaja dengan O (Olayvanh) ketika berangkat kuliah. O memberitahukan niatnya untuk menonton pertandingan Portugal VS Irlandia Utara. Awalnya saya tidak tertarik karena ada les Portuguese pada hari-H pertandingan. Tapi setelah dipikir-pikir lagi…kapan lagi saya dapat menonton pertandingan bola timnas Portugal dan di Estádio do Dragão yang jaraknya hanya satu metro station dari asrama saya. Jadilah saya memutuskan untuk ikut menonton dan meminta tolong O untuk membelikan tiket terlebih dahulu.

Pertandingan dijadwalkan untuk dimulai pada pukul 20.45 CET (waktu Portugal) dan saya meninggalkan apartemen bersama Titis dan Kim satu jam sebelumnya. Ketika kami tiba di stasiun Metro, metro pertama yang melintas penuh dengan rombongan (mayoritas) pria dengan kaos berwarna hijau ngarojeng. Awalnya saya pikir itu kaos pendukung timnas Portugal namun ternyata saya salah. Setelah saya “terpaksa” masuk ke metro berikutnya, yang tak kalah ramai nan penuh, dan saya baru tahu bahwa mereka adalah pendukung tim Irlandia Utara. Keadaan saya di metro saat itu sungguh nahas. Badan saya yang kecil ini terhimpit di tengah keramaian sorak sorai pendukung Irlandia Utara. Bahkan ada seorang Bapak yang tiba-tiba memasangkan topi hijau khas Irlandia Utara ke kepala saya dan mulai menyanyi2 aneh. Untung saja saat itu saya sedang tidak memakai atribut Portugal.

Got trapped in the middle of the Irish supporters.

The Irish Supporters

Setibanya di stadion, saya harus mengantri karena ada pengecekan tiket serta penggeledahan barang serta tubuh. Alhamdulillah ada “pemeriksa” cewek-nya juga. Pemeriksaan ini benar-benar ketat seketat kita mau menonton konser artis. Dimana dilarang membawa benda tajam, makanan, minuman, dan benda2 terlarang lainnya.

Behind: The Security Check

Karena harga tiket yang murah meriah (hanya 10euro) dan di tiket kami tertera “Kategori 3”, saya berpikir bahwa lokasi tempat duduk saya akan sangat tidak strategis. Dan…saya salah. Lokasinya dekat sekali dengan gawang tim Portugal pada babak pertama pertandingan. Dan dekat gawang itu pula tim Portugal berlatih sehingga saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memperbanyak stok foto CR7 (Cristiano Ronaldo) *norak* Saya sebenarnya bukanlah fans berat CR7, namun (hampir) semua teman2 saya selalu mengatakan, “titip salam untuk CR7 di Portugal ya, Bhel!” dan doa teman2 saya terkabul. Saya melihat CR7 secara langsung di depan mata saya, cyiiinnn!

CR7 was doing some exercises (1)

CR7 was doing some exercises (2)

Sebelum pertandingan dimulai, CR7 diberi penghargaan karena pertandingan kali ini adalah pertandingan ke-100 bagi CR7 bersama timnas Portugal.

It was CR7’s 100th match w/ Portugal Team

CR7 got the award

Saya tidak akan berbicara panjang lebar mengenai bagaimana pertandingan pada saat itu karena tentu saja, saya yang bukan football fan ini tidak mengerti istilah2 dunia bola. Yang jelas, Portugal baru benar-benar memperoleh goal pada menit2 terakhir. Sebelumnya, Portugal banyak sekali mengalami missed dan (hampir) menghasilkan angka. Tapi itu hanya “hampir”. As a result, pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1.

Sepanjang pertandingan saya tidak banyak mengambil foto karena tangan saya mulai membeku kedinginan dan hujan yang semakin deras mengguyur kota Porto malam itu.

Força Portugal!

Meskipun berakhir dengan kehujanan basah kuyup kedinginan membeku menggigil, saya ketagihan! Saya ketagihan dengan crowd gegap gempita para supporter yang mendukung tim kebanggaan mereka. Saya ketagihan teriak-teriak nggak jelas hingga dilihatin Portuguese yang duduk di sekitar saya (plus, diketawain). Saya ketagihan melakukan wave sorak sorai. Intinya, saya mau lagi jika ada kesempatan menonton pertandingan bola! Dan yang saya suka, pertandingan bola ini tidak seperti bayangan saya dimana pertandingan bola selalu identik dengan supporter kehabisan nafas karena terhimpit, supporter yang saling berantem, dan hal jelek2 lainnya.

Akhir kata, semoga ada kesempatan untuk menonton pertandingan MU karena itu adalah tim kesayangan adik saya, Aan. Ataupun bertemu dengan Lionel Messi, pemain bola favorit sahabat saya. Amin.

Boa Noite! (Good Night!)

11 thoughts on “Força Portugal! Portugal VS the Northern Ireland Match

  1. Pingback: One Lovely Blog Award Nomination | JNYnita's Treasures

  2. WOW MANTAPP bel !! meski murah justru di belakang gawang yg biasanya rame.. kmaren nonton bundesliga jg selalu di belakang. ngiri sm ronaldonya😀

    • akhirnyaaaaa itu CR7 depan mata, mas Tauf. belom ke Portugal kalo belom ngelihat doi langsung :p
      Lionel Messi akhrnya jg ud lihat langsung lhoo :))

      di Jerman pasti juga ga kalah heroik tu Mas Tauf sepakbolanya yes

Leave a Reply

