Photography / sahabadd / Travelling

Nabila X Tyas: 5 Fabulous (and Free) Things To Do in #NYC

02_title_01

When Tyas told me that she was going to spend her Christmas holiday in NYC, I was like, “Wow! Everything in that city is completely expensive.” But she has proven that she could be extra fabulous in NYC without spending any money and most importantly, she spilled the beans. She told me five fabulous (and free) places in NYC and here you go. Put on your fabulous clothes, take your camera and lenses, and enjoy NYC without worrying of being broke! x)

Beijinhos,

*) This post is a part of Nabila X Tyas: #NYC project.

Text and Photos: Asriningtyas Andarini (@tyasandarini)

New York City, the city that never sleeps. One of the most expensive cities in the world, one of the most favorite cities for fashion lovers and one of those big cities that I want to visit. I was indeed lucky, akhir tahun 2013 lalu saya memiliki kesempatan untuk berlibur ke kota terpadat di Amerika Serikat tersebut. Saya tentu saja pergi dengan perhitungan biaya sangat ketat supaya hemat, mengingat nilai dollar yang saat itu cukup tinggi ($1 = Rp12.300). Dengan budget terbatas, tempat wisata yang gratis tentu menjadi top list pertama untuk dikunjungi dan ternyata even in expensive city like New York, you still can find many free places to visit. Dalam tulisan ini saya akan mencoba merangkum beberapa diantaranya berdasarkan pengalaman jalan – jalan saya kemarin, semoga bermanfaat😉

1. Central Park

Objek wisata free-of-charge pertama yang harus dikunjungi adalah Central Park. Central Park is the biggest park in New York City. Saking besarnya taman ini, yang hobi lari dijamin bisa puas-puasin lari sampe keringetan dan pamer bangga jarak yang ditempuh di social media =).

Secara geografis, taman ini membentang diantara 5th Av hingga 8th Av dan dari 59th St hingga 110th St, Manhattan. Secara harfiahnya, taman ini lebar dan panjang banget. Pintu masuk taman ini pun ada banyak, tapi pintu masuk yang paling menarik terletak di 59th St, 8th Av. Pintu masuk ini tepat berada di depan Columbus Circle. Columbus Circle merupakan traffic circle seperti Bundaran HI yang dimiliki kota Jakarta. Daerah ini sangat ramai karena dekat dengan perkantoran dan pusat perbelanjaan. Akses menuju Columbus Circle juga sangat mudah. Banyak jalur subway yang berhenti di daerah ini, seperti jalur 1, A, B, C, dan D.

Central Park sangat cantik dan nyaman untuk berjalan – jalan. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini dari yang umum seperti berolahraga dan bersantai sampai yang romantis seperti foto prewed atau naik kereta kuda berdua. Central Park juga memiliki danau di bagian tengah yang dilengkapi dengan  tempat penyewaan perahu sehingga menambah ragam aktivitas yang dapat dilakukan di taman ini.

Lake in the Middle of Central Park

Lake in the Middle of Central Park

Pemandangan yang disajikan Central Park juga berbeda bergantung musim yang sedang berlangsung. Pada waktu itu, saya berkesempatan mengunjungi Central Park saat musim dingin. Pada musim ini, pohon – pohon tentu tidak hijau atapun cantik berwarna – warni seperti saat musim gugur, namun hal tersebut tetap tidak mengurangi keindahan yang ditawarkan taman kota ini. Keragaman aktivitas warga New York yang dapat ditemui di taman ini juga tidak berkurang. Saya berkesempatan melihat atraksi balon sabun dan mendengarkan penyanyi opera wanita unjuk kebolehan dengan memanfaatkan terowongan besar yang berada dekat dengan danau sehingga timbul gema yang menambah sensasi pada nyanyiannya. Selain itu, pada musim dingin Central Park juga membuka area bermain ice skating untuk umum. Sayangnya ice rink ini tidak gratis. Keterangan terkait biaya untuk bermain di ice rink tersebut dapat dilihat disini.

Oya, untuk pecinta anjing, dijamin Central Park akan memberi kepuasaan tersendiri karena pada sore hari taman ini berubah menjadi semacam show room anjing. Banyak anjing dari berbagai ras yang dapat ditemui disini, dari yang kecil imut sampe yang besar agak menakutkan. Di Central Park juga banyak spot – spot foto yang bagus. Ada patung – patung yang terletak di kanan – kiri jalan taman, kolam air mancur, jembatan, gazebo, dan taman bermain anak – anak. Sayangnya pada musim dingin, kolam air mancur tidak menyala dan danau juga membeku sehingga tidak ada aktivitas bermain perahu yang biasa terlihat disini. Overall, saya sangat menikmati kunjungan saya ke Central Park. Saya menghabiskan waktu sekitar 3 jam berjalan – jalan di taman ini sambil berhenti sesekali untuk mengambil gambar, melihat atraksi, makan cookies, atau sekedar hanya memperhatikan sekitar. Bila berencana berlama – lama di taman ini, khususnya di musim dingin, membawa cemilan sangat dianjurkan agar aktivitas jalan – jalan tidak terganggu oleh rasa lapar.

Camera 360

Camera 360

2. New York Public Library

Objek wisata kedua yang harus dikunjungi adalah New York Public Library. Perpustakaan dengan bentuk bangunan klasik ini berada di bagian tengah Manhattan atau lebih tepatnya di 42nd St, 5th Av. Perpustakaan ini memiliki interior yang sangat megah dan dibuat sangat kondusif untuk membaca buku atau belajar. Saya pun sempat berpikir untuk mengerjakan tesis disana dengan harapan bisa mendapat pencerahan, tapi tentu saja itu cuma kepikiran dan ga bener-bener terlaksana, haha. It’s holiday dude! Tapi seriusan, perpustakaan ini bagus dan besar bangeeet. Di salah satu ruangan, dinding – dindingnya dihiasi dengan lukisan tokoh – tokoh terkemuka Amerika, kemudian di ruangan lainnya dindingnya dihiasi oleh rak – rak buku yang mengingatkan saya pada perpustakaan milik Beast di film Beauty and The Beast.  Perpustakaan ini juga seringkali mengadakan free exhibition, namun pada waktu itu saya hanya berkesempatan menikmati arsitektur dan interior bangunan ini karena sudah terlalu sore (pada waktu itu perpustakaan ini tutup pukul 18.00).

New York Public Library

New York Public Library

Inside the Library

Inside the Library

3. Times Square

Times Square, New York City!! Who doesn’t know this place anyway? Times Square merupakan area komersial di bagian tengah Manhattan, New York City. Pusat Times Square terdiri dari papan – papan iklan dan layar digital advertising merk – merk ternama. Pusat Times Square sangat mudah ditemukan dan seringkali saya jadikan acuan jika tersasar di tengah Manhattan. Pusat Times Square terletak di 42nd St, 8th Av Manhattan. Area di pusat Times Square tertutup untuk kendaraan bermotor dan diperuntukkan bagi pejalan kaki, khususnya turis – turis yang ingin berfoto. Banyak sekali warga New York yang memanfaatkan Times Square dan turis sebagai lahan untuk mencari uang. Dari mulai orang –orang yang mengajak foto bersama dengan menggunakan kostum tokoh – tokoh kartun atau superhero seperti Mickey Mouse, Spiderman, Sponge Bob dan sebagainya sampai calo – calo dari klub – klub sex yang ingin mencari pelanggan. Pada dasarnya kunjungan ke Pusat Times Square tidak perlu lama – lama, berfoto satu dua kali pun sudah cukup, hanya saja tidak mungkin berkunjung ke Times Square dan kemudian mengabaikan apa yang terlihat di kanan – kiri. Seperti yang sudah dikatakan, Times Square merupakan area komersial, membentang dari 42nd St sampai 48th St, berjalan sedikit saja Anda sudah dapat menemukan beragam tempat menarik. Dari panggung Broadway, brand – brand fashion terkenal, sampai tempat makan yang tak pernah sepi. Selama tidak belanja dan dapat menahan diri hanya melihat – melihat, Times Square dapat dikategorikan objek wisata free of charge.

Times Square

Times Square

Times Square

Times Square

Times Square

Times Square

4.  Wisata landmark

Ada banyak landmark yang dapat dikunjungi di New York City, khususnya di Manhattan. Sebagai kota komersial, NYC memiliki banyak gedung menarik. Tidak hanya Empire State Building, Manhattan juga memiliki gedung pencakar langit dengan arsitektur unik lainnya sepeti Flat Iron Building, Chrysler Building, dan One World Trade Centre. Gedung – gedung ini tidak terbuka untuk umum, namun gedung – gedung ini terkenal di kalangan wisatawan karena dapat menjadi objek foto yang menarik.

Chrysler Building

Chrysler Building

Selain gedung – gedung pencakar langit tersebut, landmark lain yang perlu dikunjungi adalah Grand Central Terminal, Brooklyn Bridge, dan kawasan Wall Street. Grand central terminal merupakan stasiun kereta tertua New York City. Saat ini Grand Central masih aktif digunakan sebagai stasiun subway dan juga pusat perbelanjaan. Stasiun ini sangat besar dan megah dengan gaya arsitektur klasik sehingga sangat menarik untuk foto – foto.

Grand Central Terminal

Grand Central Terminal

Brooklyn Bridge merupakan jembatan tertua Kota New York. Jembatan ini dibangun pada tahun 1883. Jembatan ini menghubungkan Manhattan dengan Brooklyn dan terdiri atas jalur kendaraan bermotor dan jalur pejalan kaki. Jembatan ini cukup tinggi dan panjang sehingga menjadi sangat menantang untuk dilalui saat musim dingin, khususnya saat suhu mencapai – 16° C seperti yang saya alami kemarin. Untuk pengambilan foto jembatan, saya sangat merekomendasikan Brooklyn Bridge Park. Dari taman ini, dapat terlihat jembatan, Kota Manhattan, Kota Brooklyn dan sungai yang memisahkan kedua bagian Kota New York ini.

Brooklyn Bridge

Brooklyn Bridge

Brooklyn Bridge from the Brooklyn Bridge Park

Brooklyn Bridge from the Brooklyn Bridge Park

Kawasan Wall Street merupakan area penjualan saham seperti yang sering kita lihat di film – film Hollywood. Di area ini ada dua gedung yang terkenal, yaitu New York Stock Exchange dan Federal Hall. Federal Hall merupakan gedung bersejarah tempat pelantikan George Washington sebagai presiden pertama Amerika Serikat.

Federal Hall

Federal Hall

New York Stock Exchange

New York Stock Exchange

5. MoMA

The Museum of Modern Art merupakan museum dengan beragam koleksi seni bergaya modern. Seni yang dipamerkan di museum ini meliputi fotografi, lukisan, arsitektur, patung, dan beberapa bentuk desain lainnya. Pada dasarnya saya tidak mengerti seni, saya tidak paham bagaimana suatu karya seni dikatakan bagus dan kemudian layak untuk dipamerkan, yang saya tahu karya – karya seni disini keren. Untuk karya desain arsitektur, rasanya saya mau punya interior rumah dan furnitur seperti yang dipamerkan, sedangkan untuk karya fotografi rasanya saya mau belajar sama fotografernya supaya bisa dapet gambar sebagus itu.

The Museum of Modern Art

The Museum of Modern Art

Museum yang berada di 11 West 53rd Street, Manhattan ini sebenarnya bukan museum gratis seperti Smithsonian Museum yang ada di Washington DC, namun thanks to UNIQLO, saya bisa masuk museum ini dengan gratis!!. Bila Anda sedang di New York atau akan mengunjungi New York, jangan lewatkan UNIQLO Free Friday Nights, dimana setiap hari Jum’at dari pukul 16.00-20.00 tiket masuk museum ini menjadi gratis untuk semua pengunjung. Mengingat biaya masuk museum ini yang tidak murah ($25 untuk dewasa, $18 untuk senior, dan $14 untuk pelajar), tentu saja hal ini langsung menarik banyak perhatian, baik dari para turis maupun warga New York sendiri. Jadi bisa dibayangkan betapa penuhnya museum yang terletak di tengah Manhattan ini. Saya sendiri pun shock melihat museum sepenuh itu, bahkan saya menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk mengantri penitipan barang (di museum ini tidak boleh membawa tas masuk, hanya boleh membawa barang – barang berharga saja). Jadi sangat saya sarankan datang tepat pukul jam 4 sore agar tidak terjebak antrian terlalu panjang.

The Museum of Modern Art

The Museum of Modern Art

UNIQLO Free Friday Nights

UNIQLO Free Friday Nights

The Exhibition

The Exhibition

The Exhibition

The Exhibition

8 thoughts on “Nabila X Tyas: 5 Fabulous (and Free) Things To Do in #NYC

    • itu dari fotonya aja grand central station ud keliatan klasik cantik ya mbaaaa x)
      kalo ke empire state building kita bisa naik ke atas kah mb? mb ada rekomendasi dr gedung atau titik manakah kita bs dpt foto oke empire state ga mba Fe?

  1. Nice Post, Bella! Semua foto-fotonya juga keren!🙂
    Aku langsung ngebayangin ada di sana, tapi mmm.. sanggup gak ya kalo menolak godaan jajaran brand fashion terkenal di Times Square..😀

  2. Nice post, Nabila! Semua foto-fotonya juga keren2! Bikin saya jadi ngebayangin lagi di New York hehehe. Tapi mmm.. bakal sanggup gak ya nahan godaan brand2 terkenal di Times Square itu?😛

  3. Nice post, Nabila! Semua foto2nya juga keren!😀 Bikin jadi ngebayangin kalo aku ada di sana, tapi mmm.. bakal sanggup gak ya nahan godaan si brand2 terkenal di Times Square itu?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s