Food / In Spare Time / Indonesian Cuisine / kuliner / love it! / Review(s)

Kuliner Bandung: Berburu Sarapan di Roti Gempol

Roti (Gandum) Gempol

Photos and Text by Nabila As’ad.

Please refer to this blog if you want to use its content.

Jika biasanya menu sarapan saya harus dengan nasi &lauk pauk. Kali ini saya ingin mencoba sarapan pagi ala Barat. Pilihan saya jatuh kepada Roti Gempol. Pertama kali saya tahu mengenai Roti Gempol adalah saat browsing2 tentang Kuliner Bandung. Misi saya sebelum meninggalkan Bandung adalah jelajah kuliner XP

Roti Gempol, seperti namanya, berada di Jalan Gempol Wetan no. 14 Bandung. Nama jalan ini kurang familiar di telinga saya. Setelah saya meng-google map lokasi Jalan Gempol, ternyata jalan itu sering saya lewati lho. Lokasinya di antara Total Buah Segar yang di Jl. Sultan Agung dan Jalan Bahureksa. Kalau dari Dago, Jalan Gempol itu sebelum belokan Bahureksa yang menuju Jonas Photo Riau. Belokan mencari lokasi Jalan Gempol juga mudah karena ditandai dengan Masjid Gempol di pengkolan jalan.

Inti cerita, ternyata daerah Gempol ini banyak menawarkan menu sarapan. Ketika pertama kali belok ke Jalan Gempol, akan terlihat tulisan Kupat Tahu Gempol yang kata senior saya enak banget (sayangnya saya nggak suka kupat tahu. hiks.), kemudian untuk menuju ke Roti Gempol akan melewati Sate Gempol yang ruameee banget. Tak lama, tibalah saya dan teman2 saya di Roti Gempol.

Tampak Depan Roti Gempol

Jika Anda membayangkan TKP Roti Gempol seperti tempat roti bakar terkenal di Bandung, Madtari, maka Anda salah total. Jika Madtari terkesan jorok di mata saya, TKP Roti Gempol ini bersih, rapi, & asyik banget buat nongkrong2. Kursi & meja-nya pun tertata tidak seperti cafe pada umumnya. Menu yang ditawarkan adalah Roti Manis (selai strawberry, blueberry, meses cokelat), Roti Asin (pilih 1 isi antara telur, keju, daging asap), Roti Spesial (pilih 2 toping), & Roti Komplit. Roti Asin, Spesial, & Komplit menggunakan mayonaise. Bahkan Anda bisa memilih antara roti tawar putih biasa atau roti gandum. Beda harganya hanya seribu rupiah. Porsi juga bisa antara porsi perseorangan atau ririungan (bareng2). Kali ini saya dan teman2 saya semuanya memilih porsi seseorangan dan saya memesan Roti Gempol Spesial isi daging asap & telur dadar.

Selama menunggu pesanan, saya tak menyia-nyiakan untuk memfoto & mengobrol dengan mas yang sedang memanggang pesanan saya. Yang ternyata, doi adalah wong jowo juga.

Ririungan VS Perseorangan (kanan)

Memanggang Roti

Sedjak 1958

Suasana di Roti Gempol

Asyik Buat Ngobrol Santai

Ada Jajanan Lainnya juga, lho😉

Tak lama, pesanan kami datang. Yippie yey! Saya agak kaget ketika pesanan saya datang, beneran gedhe yes ini porsi perseorangan. Roti gandum pula. Gimana ngabisinnya? Apalagi saya nggak begitu suka roti gandum. Namun praduga saya salah. Setelah gigitan pertama saya & ditambah dengan colekan roti ke saos sambal 135, saya nggak bisa berhenti ngunyah. Kualitas rotinya bedaa jauh dari roti2 tawar yang biasanya saya beli di supermarket apalagi yang saya makan di Madtari. Roti Gempol nggak butuh keju membludak agar menu roti-nya terasa menggoda. Mayonaise yang ditambahkan juga dalam kadar yang pas sehingga tidak membuat eneg. Teman saya memesan roti manis yang unfortunately, saya lupa memfoto saking saya nggak sabar ngehabisin roti pesanan saya. Saya juga men-icip2 pesanan teman saya dengan isi selai strawberry dan meses cokelat. Hmm, perpaduan yang pas!

Roti (Gandum) Gempol Spesial isi Daging Asap & Telur

Saos Sambal 135

Teh Tawar

Tak lupa, sarapan di Bandung nggak lengkap tanpa teh tawar hangat. Alhamdulillah, gratis. Sungguh pilihan yang tepat untuk memulai hari & kemudian melanjutkan aktivitas. Enak, murah, kenyang, dan cozy tempatnyah!

Xx,

(Photos were taken by me. Credit is required if you are going to use those in yours. Thank you.)

Basic Information

Name: Roti Gempol (Gempol Bread)

Address: Jalan Gempol Wetan no. 14 Bandung, West Java – Indonesia

Price Range: IDR 6k- IDR 40k

Open from 5.30 AM until 9.00 PM

Rating: 4 out of 5 stars

10 thoughts on “Kuliner Bandung: Berburu Sarapan di Roti Gempol

  1. Halo, salam kenal. Awalnya sy iseng2 browsing ttg roti gempol, eh ga sengaja mampir ke blog ini. Kebetulan hari minggu kmrn (28/4) sy mampir ke sana. Baru tau jg kl di Bandung ada tempat kuliner roti yg asik, klasik, dan unik seperti Roti Gempol. Recommended bgt ya😀

    • Haiii salam kenal juga. Terima kasiiih yes sudah mampir kemari😉
      Iyaah, top markotop memang kalo buat sarapan. Di area situ jg byk pilihan lainnya. Aduuh bkn kangen euy sm bandung

  2. Nduk Bela…
    Makasih buanyak infone…
    Tante keliling2 nyari tempat rotine, smpt nyasar ke cihapit, kelupaan krn pertama kali ke sini tinggal duduk manis dikursi penumpang.. googling di google nemu web ini, yg tnyta punya dirimu… N based of your info, i found it.. Yeaaay..

    Matur suwun yaa.. Rotine emg jempol….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s